Sabtu, 03 November 2018

Gejala Kanker Lidah yang Mirip dengan Sariawan Perlu Diketahui

Gejala kanker lidah yang muncul hampir menyerupai sariawan. Sehingga banyak orang yang tidak menyadari akan hadirnya kanker lidah. Maka dari itu penting sekali untuk anda ketahui cara membedakan mana sariawan biasa dan mana gejala kanker lidah. Untuk mengetahuinya, silahkan anda simak informasi berikut !


Untuk anda yang mengalamis sariawan di lidah  namun tak kunjung sembuh selama lebih dari 2 minggu, sepertinya anda perlu mewaspadai kondisi tersebut, karena bisa jadi keluhan sariawan yang anda alami merupakan tanda dari penyakit kanker lidah.

Menurut Prof. Dr. dr. I.B. Tjakra Wibawa Manuaba, M.P.H.,Sp.B(K) Onk, FinaCS, gejala awal kanker lidah memang mirip lidah sariawan. Bedanya, ketika lidah sakit tersebut diraba ada pengerasan di sekitar luka. Sementara sariawan di lidah bukan kanker akan terasa lunak.


Pada sariawan biasa, luka temoatnya berpindah pindahy, namun pada kanker lidah, luka akan timbul di tempat yang sama dan tak kunjung sembuh. Semakin lama luka semakin membesar dan menyebabkan timbulnya benjolan yang mengeras seperti bunga kol.

Gejala Lain Dari Kanker Lidah


Berikut ini ada beberapa gejala lainya yang muncul karena kanker lidah, yaitu : 

  • Adanya bercak putih. Munculnya bercak putih atau merah pada lidah seperti sariawan, seiring waktu akan semakin membesar dan mengeras.
  • Pendarahan. Bagian tengah dari bercak putih atau merah biasanya lunak dan mudah berdarah. Biasanya pendarahan yang terjadi karea adanya tekanan yang terlalu besar pada bagian yang terkena kanker saat mengunyah, minum, makan atau menelan makanan.
  • Sakit Tenggorokan. Gejala kanker lidah yang timbul biasanya akan diikuti dengan rasa sakit pada tenggorokan saat digunakan untuk menelan makanan.
  • Mati rasa. Lama kelamaan lidah akan semakin sakit, namun rasa perih dan ngilu akan berkurang dan bahkan menjadi mati rasa. Terjadi perubahan pada suara, lidah menjadi sulit bergerak, dan pasien terkadang juga mengalami kesulitan membuka mulut.
  • Telinga sakit. Sebagian penderita kanker lidah akan merasakan rasa sakit pada telinga. Selain itu juga bisa terdapat benjolan pada bagian belakang tenggorokan.

Pada beberapa kasus timbulnya kanker lidah juga dibarengi dengan penurunan berat badan dan tidak nafsu makan.

Apabila anda mengalami beberapa keluhan diatas, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter, agar anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk pengobatan kanker lidah

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Amin ... :)