Sabtu, 14 Juli 2018

Inilah 7 Makanan Penyebab Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Inilah 7 Makanan Penyebab Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai 

Terdapat beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab berkembangnya kanker mulut dan Inilah 7 Makanan Penyebab Kanker Mulut yang sering kita makan setiap hari yang perlu anda hindari.


Kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang menyerang bagian mulut seperti bibir, gusi dan lidah. Meskipun jenis kanker ini sangat jarang sekali terjadi, namun anda tetap harus mewaspadai penyakit ini dengan mengetahui berbagai makanan yang bisa memicu perkembangan kanker mulut.

Banyak sekali makanan yang sering kita konsumsi setiap hari dan bahkan menjadi makanan kesukaan anda sendiri yang mungkin bisa memicu perkembangan kanker mulut. Dan berikut ini ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan timbulnya kanker mulut, diantaranya yaitu :
  • 1. Gorengan
Makanan penyebab kanker mulut yang pertama adalah gorengan. Dimana gorengan ini mengandung banyak lemak jahat, terlebih lagi proses menggorengnya yang menggunakan minyak yang sudah digunakan berkali-kali.

Hindari mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng dan gantilah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • 2. Daging Panggang
Makanan yang bisa memicu perkembangan kanker mulut yang berikutnya adalah daging panggang. Dimana daging yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar menghasilkan zat karsinogenik yang bisa memicu perkembangan sel menjadi tidak normal atau sel kanker.
  • 3. Makanan Berpengawet

Selanjutnya makanan yang bisa memicu perkembangan kanker mulut adalah makanan yang mengandung bahan pengawet. Pasalnya saat ini hampir semua makanan mengandung bahan pengawet, sehingga sulit bagi kita untuk menghindari makanan ini.

Padahal berbagai makanan yang mengandung bahan pengawet justru malah menjadi pemicu perkembangan sel kanker dalam tubuh, salah satunya kanker mulut. Salah satu kandungan bahan pengawet yang sering digunakan di hampir semua makanan adalah benzenat. Dimana makanan yang berbahan pengawet adalah jenis makanan yang mudah disajikan dan dikemas semenarik mungkin.
  • 4. Makanan yang Mengandung Gula
Mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa memicu perkembangan sel kanker yang bisa merusak sel-sel tubuh yang masih sehat. Dengan demikian berusahalah untuk membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.
  • 5. Sering Mengunyah Buah Pinang
Meskipun buah pinang ini berasal dari tumbuhan, namun ternyata mengunyah buah pinang bisa memicu perkembangan sel kanker yang menjadi penyebab terjadinya kanker mulut.

Hal ini karena buah pinang mengandung zat karsinogenik yang bisa merangsang pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh anda.
  • 6. Sayuran
Pasalnya sayuran baik untuk dikonsumsi, namun tidak untuk sayuran yang dalam proses pertumbuhannya menggunakan peptisida. Dimana peptisida tersebut tidak akan hilang dengan hanya dicuci dan bahkan akan tetap menempel pada sayuran meski sudah dimasak dan jika memasuki saluran pencernaan kandungan tersebut akan sulit untuk dihilangkan.

Mengkonsumsi sayuran yang mengandung peptisida secara berlebihan bukannya menjadikan tubuh menjadi semakin sehat, malah hanya akan membuat sel kanker pada tubuh menjadi tumbuh dan berkembang.
  • 7. Mengkonsumsi Segala Jenis Tembakau
Untuk anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi tembakau seperti merokok, cerutu hingga tembakau kunyah maka anda akan berisiko tinggi terkena penyakit kanker mulut dan bahkan berbagai jenis penyakit lainya yang tak kalah berbahaya dan mematikan.

Hal ini karena tembakau memiliki banyak kandungan yang tidak baik untuk tubuh seperti  Senyawa Alkaloid yakni berupa nikotin, senyawa TSNA (tobacco spesific nitrosamine) yang bisa menimbulkan karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker dan B-a-P (benzo-a-pyrene) yang juga merupakan senyawa karsinogenik.

Banyaknya kandungan karsinogenik dalam tembakau membuktikan bahwa mengkonsumsi tembakau secara berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker salah satunya kanker mulut.

Baca : Obat Kanker Mulut

Itulah Makanan Penyebab Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai dan sebisa mungkin anda hindari. Dengan demikian kesehatan tubuh anda akan senantiasa terjaga dan terbebas dari serangan berbagai jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan seperti kanker mulut. 

Terimakasih Atas Kunjunganya dan Semoga Bermanfaat...